Monday, January 5, 2009

Menemukan Passion dalam Hidup

Konon, jika ingin berhasil dalam hidup, kita perlu untuk menjalani hidup sesuai passion kita, agar kita bisa sepenuhnya menikmati apa yang kita kerjakan. Pernah dengar pepatah ‘Lakukanlah apa yang kamu suka, maka kamu takkan merasa bekerja setiap kali kamu melakukannya..’?. Ok, mungkin nggak tepat seperti itu, tapi kurang lebih begitulah..
Jika kamu bingung menentukan mau sekolah di jurusan mana, kuliah apa, atau bekerja sebagai apa, kamu perlu untuk memahami dirimu dan menemukan passionmu.
Berikut cara menemukan ‘gairah’ dalam hidupmu:
  1. Cari tahu apa yang paling kamu suka
Apa yang paling kamu suka? Menggambar? Bicara? Melukis? Hewan peliharaan? Alam ? Tingkah laku manusia ? Jangan remehkan hal-hal kecil. Oprah menyadari bahwa ia suka bicara, dan karena melakukan apa yang disukainya, ia menjadi seorang milyarder.
  1. Kegiatan apa yang bisa membuatmu rela melakukannya tanpa dibayar?
Konon, kita perlu bekerja lebih keras dari jumlah bayaran kita, agar kelak kita dibayar lebih banyak dari pekerjaan kita. Bagaimana dapat melakukannya, jika kita tidak suka dengan apa yang kita lakukan? Agar kamu lebih ‘terhubung’ dengan pekerjaanmu, pikirkan, apa yang membuatmu bersedia melakukannya tanpa dibayar, maka kamu akan melakukannya dengan segenap hati.
  1. Apa yang menurutmu sangat mudah untuk dilakukan, padahal tidak menurut orang lain?
Ada yang mengatakan membuat pola dan merancang pakaian itu mudah dan dapat dipelajari semua orang, sedangkan bagi sebagian besar, menjahit dan merancang itu sesuatu yang membosankan. Menurut Alicia Keys, menulis lagu, bernyanyi dan memainkan musik itu mudah. Tapi tentu saja, bagi sebagian besar kita, itu sesuatu yang sukaaaar sekali. Ada yang menganggap menggambar itu mudah, yang lain menganggap menulis jauh lebih mudah. Bagi tiap orang, kegiatan itu beda. Apa yang menurutmu sangat mudah dilakukan?
  1. Kegiatan apa yang membuatmu susah berhenti melakukannya?
Maksudnya, kamu jadi lupa waktu, lupa makan, lupa hal lain dan merasa sedang berada di duniamu sendiri ketika melakukannya.
  1. Topik apa yang paling membuatmu bersemangat?
Maksudnya bukan cewek atau cowok taksiranmu, tapi topik yang benar-benar penting bagimu.
  1. Apa yang paling membangkitkan rasa percaya dirimu?
Tidak hanya suka, biasanya kita merasa percaya diri kita terdongkrak saat melakukan apa yang jadi passion kita. Selidiki dirimu sendiri!
  1. Jika masih bingung, tanyakan pada orang tuamu, apa yang paling menonjol darimu ketika kamu masih kecil?
Mungkin kamu menganggapnya sebagai permainan, tapi siapa tahu seorang pecinta lego di masa dewasanya menjadi seorang arsitek? Bisa jadi seorang penulis terkenal hanyalah seorang penghayal di masa kecilnya. Atau pecinta anjing menjadi dokter hewan? Seorang anak kecil sudah bisa menemukan apa-apa yang sungguh disukainya dalam hidup!

 
Update:
Anda seorang dewasa yang belum juga menemukan passion dalam hidup? Klik di sini untuk versi dewasanya.. :) 

1 comment:

cahSamben said...

nice post,,:D
karena banyak hal yang saya sukai, sampai sekarang saya masih bingung menentukan passion yang ingin benar2 saya kembangkan,,
thanks for share :D