Friday, January 9, 2009

Bagaimana Supaya Lebih Bahagia?

Banyak orang menanyakan bagaimana agar lebih bahagia dalam hidup.

Well, ini beberapa tips dari saya:
1. Lakukan apa yang kamu suka
Entah menulis, menggambar, menyanyi, browsing internet, nonton, makan es krim, apa saja yang kamu suka (dengan catatan: tidak ada pihak yang dirugikan!).

2. Buat jurnal syukur
Kamu punya jurnal? Suka menulis jurnal? Jika ya, bagus sekali. Jika tidak, mungkin ini saat yang tepat untuk memulainya. Daftarlah setiap hari di akhir harimu apa-apa saja yang membuat kamu bersyukur. Dengan melakukannya, kamu akan memfokuskan pikiranmu pada hal-hal positif ketimbang negatif. Ini sangat baik, karena pikiranmu tak bisa memikirkan 2 hal yang bertentangan sekaligus.

3. Jangan terus-terusan menengadah ke atas
Ingatlah, ada orang-orang yang lebih susah darimu. Hidupmu belumlah gagal jika kekasih tercintamu meninggalkanmu. Atau isi dompetmu sudah tinggal separuh di pertengahan bulan. Hidupmu lebih penting dari hal-hal itu, friends, jadi jangan tangisi apa pun yang tidak layak kamu tangisi!

4. Buat orang lain bahagia
Tahukah kamu bahwa salah satu rahasia kebahagiaan adalah membuat orang lain bahagia? Apa yang bisa kamu lakukan pada orang lain? Menraktir teman? Menolong adik mengerjakan PR? Jika kamu belum pernah melakukannya, cobalah lakukan dan lihat khasiatnya bagi dirimu!

5. Terimalah keadaanmu apa adanya
Mungkin... kamu bukan ranking 1 di kelas, kamu bukan yang paling kaya di antara teman segankmu, bukan yang paling pintar, bukan yang dipilih ikut lomba pelajar teladan mewakili sekolahmu, tapi kamu tetap kamu. Semua ketidak sempurnaanmu itulah yang membentuk kamu jadi kamu yang utuh dan berharga!

6. Hidup tanpa penyesalan
Apapun yang terjadi pada masa lalumu, lupakanlah semua itu. Kamu nggak boleh menyalahkan apapun atau siapapun. Yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Yang penting bukanlah apa yang ada di belakangmu, melainkan apa yang ada padamu sekarang. Kabar baiknya, kamu bisa mengubah masa depanmu dengan menjadikan hari ini penuh makna. Tinggallah dalam saat ini, teman, lupakan semua hal buruk yang pernah menimpamu. Sambut hari depanmu dengan penuh harapan. Ada kejutan yang menantimu di sana!

7. Mencari Tuhan
Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan namun kamu belum juga bahagia, mungkin ini saatnya untuk mencari Tuhan. Tuhan menaruh dalam diri tiap orang sebuah lubang kosong yang tak dapat diisi oleh siapapun selain oleh Dia sendiri. Oleh karena itulah, jika kamu masih merasa hampa walaupun telah memiliki segalanya, mungkin hanya 1 yang perlu kamu lakukan: mencari Tuhan dan membina hubungan baik denganNya!

Seperti kata pepatah, kebahagiaan adalah menemukan apa yang kita kira sudah hilang dari hidup kita. Well, kadang-kadang prinsip ini bener juga, sih..

How happy are you?

No comments: