Wednesday, March 5, 2008

Tips Agar Lebih Produktif

Merasa hidup ini hampa? Nggak produktif atau menghasilkan apapun? Berikut beberapa trik ...


  1. Eksplorasi dirimu.

Gali dalam dalam dirimu. Apa yang ada di sana? Buang batu-batunya, cabut rumput liar dan hama perusak. Lihat kadar kesuburannya. Cari tahu apa yang kamu sukai dan apa-apa yang tidak. Jangan bertahan mengerjakan apa yang kamu tidak benar-benar sukai, karena di sana kamu takkan pernah memberi hasil yang maksimal. Apa yang paling kamu ketahui dalam hidup? Apa yang membuatmu bertahan hidup? Pengalaman-pengalaman buruk sekalipun jika diolah bisa jadi duit, lho. Melalui tulisanmu, misalnya, konseling, pelayanan sosial, banyak hal!


  1. Jangan biarkan emas tinggal di tambang.

Bawalah ia keluar. Munculkan. Jika masih tertutup tanah, gosoklah hingga mengkilap. Itu emas dari tambang emasmu. Lakukan apa yang kamu bisa dengannya. Jual agar menghasilkan. Simpan sebagai investasi. Sepuh jadi lebih mengkilap. Buat jadi perhiasan yang menarik. Kamu bisa melakukan apapun. Harta itu milikmu! Latihlah bakatmu. Perlu ada keseimbangan antara bakat, ketekunan dan kerja keras.


  1. Kejar peluang.

Tiap saat adalah sebuah kesempatan. Jangan sia-siakan saat-saat dalam hidupmu. Pergunakan sebaik mungkin. Buka mata lebar-lebar. Pasang antena. Cari sinyal.


  1. Bertumbuhlah ke arah matahari.

Sebagai sumber kehidupan, matahari sangat diperlukan. Jika terus menerus turun hujan apalagi jika banjir melanda, para petani akan berteriak karena panen gagal. Jika dalam hidup, kita tak bertumbuh ke arah Sang Pencipta, apalagi membiarkan pencobaan menguasai kita, demikian jugalah akan terjadi dalam hidup. Tidak ada 'panen' dalam hidup kita. Jika masih tak tahu buah apa yang harus kamu hasilkan, tanyalah padaNya sebagai Pencipta dan Pemberi Hidupmu!


  1. Taburkan benih kebaikan.

Kita nggak akan pernah tahu mana yang akan terlebih dulu menghasilkan, jadi taburkan semuanya. Jangan beri dirimu terlalu banyak istirahat. Kerjakan sekarang.


  1. Perhatikan tanah tempat kamu bertumbuh.

Jika tanahnya berbatu-batu, berduri, penuh semak atau terisi dengan apapun yang identik dengan nggak subur, nggak usah repot-repot, kamu nggak akan bertumbuh dengan baik. Burung-burung akan memakan benihnya. Angin akan membawanya terbang. Semak duri akan menghimpitnya. Tak ada pilihan lain. Keluar dari sana. Cari lingkungan dan pergaulan yang akan membuatmu tumbuh subur dan berbuah lebat.


  1. Sirami benihnya tiap hari.

Beri makan jiwamu. Jangan biarkan ia mati kekeringan. Perlu ada keseimbangan antara kebutuhan mental dengan fisik, kebutuhan jasmani dengan rohani. Dunia ini bukan hanya tempat kita hidup secara materi, karena kita punya jiwa dan roh yang sifatnya kekal. Lagi, apa gunanya seseorang memperoleh seisi dunia namun jiwanya binasa?


  1. Potong ranting yang tak berbuah.

Buang segala dosa dan kejahatan. Ranting kering akan menular dan menghambatmu menghasilkan buah yang baik. Dengan membuangnya, akan membantu ranting lain dalam dirimu cepat berbuah.

No comments: