Tuesday, March 4, 2008

Menanti Datangnya Yang Terbaik

Ada kalanya kita harus menunggu lama dalam hidup untuk memperoleh sesuatu. Victor Narovski dalam 'The Terminal' menunggu di bandara selama sembilan bulan demi memenuhi janji meminta tanda tangan Benny Olson kepada ayahnya. Dan ayahnya, Dimitri Narovski, menunggu selama 40 tahun untuk mengumpulkan tanda tangan -tanda tangan musisi jazz favoritnya. Sebaliknya, Amelia Jane Warren menunggu selama tujuh tahun hingga kelelahan hanya untuk laki-laki yang takkan meninggalkan istrinya.

Kita memang perlu menunggu untuk tujuan tertentu. Tapi jika kita hanya menunggu untuk hal-hal yang tak pasti dalam hidup, lebih baik lupakan saja, masih ada banyak hal lain menunggu untuk kita lakukan. Mengapa kita membuang waktu kita untuk sesuatu yang sia-sia?

Jika berhubungan dengan waktu, kita kerap tak bisa bersabar. Kita mau SEKARANG. Kita nggak mau menunggu untuk datangnya sesuatu yang lebih baik. Sekalinya menunggu, kita menunggu hal yang salah. Mungkin memang ada hal-hal yang harus dipertahankan dalam hidup dan ada yang harus dilepaskan untuk menerima sesuatu yang lebih baik. Tapi, karena nggak sabar, kita seringnya mendapat hasil yang seadanya karena yang kita tunggu itu belum matang betul dari oven. Jika Pengkhotbah menulis bahwa Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya, maka demikianlah adanya.

Pada saat kita berada di bawah tekanan, seringnya kita hanya bisa mengeluh. Kita nggak bisa melihat ke sekeliling sehingga tidak belajar apapun dari keadaan tersebut. Padahal, nggak ada yang kebetulan di dalam Tuhan,. Dia merangkai setiap perkara untuk bekerja bersama mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia. Cuma, kita saja yang seringnya merasa gak tahan dengan keadaan dan lekas menyerah.

Yang sering menjadi masalah adalah kesabaran kita. Jika sesuatu memang layak kita tunggu, jangan menyerah. (Konon, orang yang genius itu sebenarnya adalah orang yang sabar, lho!). Menantilah dalam pengharapan, lakukan yang terbaik dalam masa penantian itu agar kita mendapatkan hasil yang terbaik pada saatnya kelak..

No comments: