Tuesday, March 4, 2008

Hanya Kamu yang Bisa Menjadi Kamu

Pernahkah kamu merasa tidak menemukan dirimu yang sebenarnya? Atau kebingungan mencari tujuan hidupmu di dunia ini?

Rick warren punya teori yang sangat bagus dalam bukunya, Purpose Driven Life. Bagaimana kita mencari tahu siapa diri kita atau apa yang Tuhan kehendaki untuk kita lakukan adalah dengan melihat SHAPE dalam diri kita :

SPIRITUAL GIFTS

Cari tahu apa karunia yang Tuhan berikan padamu. Karunia ini berbeda satu dengan yang lain. Jangan suka iri dan membandingkannya dengan apa yang orang lain miliki. Dia suka keragaman, makanya kita beda.

HEART

Dengarkan hatimu. Apa yang menjadi minatmu yang ditaruh Allah dalam hati untuk melayani Dia? Ada hal-hal yang menarik buat kita dan ada yang sama sekali tidak. Apapun itu, tekuni dan lakukan untuk kemuliaan Tuhan.

Tuhan mau kita melayaniNya karena kerinduan, bukan kewajiban. Jadi, lakukan apa yang kamu senangi. Mendengarkan batin bisa jadi petunjuk pelayanan apa yang Allah ingin kita kerjakan.

Jangan puas meraih kehidupan yang baik, karena itu tidaklah cukup baik. Pikirkan apa yang kita senang lakukan, yaitu apa yang Allah berikan untuk kita lakukan.

ABILITY

Tuhan memberikan pada kita kemampuan yang berbeda. Kalo kamu nggak bisa nyanyi, nggak mungkin dong, kamu dimintaNya jadi penyanyi opera.. Dia minta kita melayani menurut apa yang kita mampu kerjakan.

PERSONALITY

Ahli-ahli menduga bahwa semua partikel di alam semesta mungkin kurang dari 10 dengan 76 angka di belakangnya, jauh lebih sedikit daripada kemungkinan DNA kita. Keunikan kita adalah fakta ilmiah dari kehidupan. Temperamen atau kepribadian kita adalah pemberian Allah dan tak ada yang benar atau salah dengan itu. Tuhan membuat kamu menjadi kamu!

EXPERIENCE

Pengalaman membentuk kehidupan kita, yang sebagian besarnya di luar kendali kita. Intinya, pengalaman-pengalaman paling menyakitkanlah yang paling Allah pakai untuk mempersiapkan kita bagi pelayanan. Dia tidak pernah membiarkan satu luka hati pun terjadi tanpa tujuan. Kadang, pengalaman yang paling kita benci atau sesali adalah pengalaman yang Allah ingin gunakan untuk menolong orang lain.

Jika kamu masih juga merasa gamang dalam hidup ini, merasa bahwa hidupmu tidak berarti, tak ada guna, bahkan semua yang kamu miliki hanyalah pengalaman buruk, renungkanlah kembali. Jangan-jangan itu salah satu cara Allah untuk memakaimu menjadi alatNya yang besar!

Apa yang menjadi SHAPE dalam dirimu?

No comments: