Wednesday, February 27, 2008

Pergaulan yang Buruk Merusak Kebiasaan yang Baik

Mungkin kamu pernah dengar ungkapan ini sebelumnya. Tapi mengaku saja, pasti berat bagimu untuk menjauhkan diri dari orang-orang yang sudah sekian lama dekat denganmu. Apalagi jika mereka telah bersikap begitu baik terhadapmu. Padahal, tanpa kamu sadari, pengaruh mereka telah meresap begitu dalam dan mencengkerammu. Jika teman-temanmu adalah anak baik-baik, tidak mengapa. Tapi, jika mereka adalah teman-teman dengan siapa orang tuamu takkan mengijinkan kamu bergaul, waspadalah. Bisa jadi, bukan kamu yang menarik mereka ke arah yang benar, tapi kamu yang terseret ke jalan kehancuran!

Gimana sih, tipe teman-teman yang baik itu? National Clearinghouse on Families & Youth, salah satu lembaga yang mengupayakan kesejahteraan keluarga dan kaum muda di Amerika dalam salah satu publikasinya berjudul EXPRESS YOURSELF! A teenager’s guide to fitting in getting involved and finding yourself menyatakan bahwa teman-teman yang baik adalah mereka yang …

  • Tertarik kepadamu, bukan semata pada apa yang dapat kamu berikan atau lakukan bagi mereka.
  • Bersedia mendengarkan. Mereka tertarik pada apa yang kamu katakan.
  • Tertarik pada keberhasilanmu. Mereka bahagia buat kamu jika semuanya berjalan dengan baik bagimu.
  • Merasa menyesal dan meminta maaf jika membuat kesalahan.
  • Ketika memberimu bimbingan, juga melakukan hal yang sama untuk menunjukkan bahwa mereka peduli.
  • Tidak mengharapkanmu jadi orang yang sempurna.
  • Menghargai privasimu.

Tiada seorang pun yang sempurna di dunia ini. Namun di antaranya, ada beberapa orang yang benar-benar baik dan tulus terhadapmu. Ikuti kata hatimu. Pilihlah teman-teman yang berdampak baik dan mendukungmu dalam meraih cita-cita dan mengetahui tujuanmu diciptakan di dunia ini.

Sesuatu untuk Direnungkan:

Apakah teman-temanmu memenuhi syarat-syarat di atas? Jika tidak, apakah kamu akan tetap mempertahankan mereka, apapun konsekuensinya? Mengapa?

Bagaimana denganmu? Apakah kamu bersedia membuka tanganmu untuk sebuah persahabatan atau pertemanan yang baik seperti yang kamu harap dalam tuntutanmu terhadap orang lain?

Dalam hubungan yang kamu jalin, apakah kamu telah memenuhi syarat sebagai ‘teman yang baik’ seperti disebutkan di atas?Jika belum, maukah kamu mencobanya?


1 comment: