Thursday, January 1, 2009

Menurut Kamu, Siapakah Tuhan Itu?

Mengawali tahun 2009 ini, yuk berpikir tentang Tuhan.. Mungkin selama ini kamu menganggap hidupmu adalah pusat dari alam semesta ini, jadi tiap orang harus sibuk memikirkan kepentinganmu, tugas-tugasmu, perasaanmu, perkataanmu, pikiranmu, kebutuhanmu, pokoknya semua tentang kamu.

Di tahun baru ini, yuk mulai memikirkan hal lain di luar dirimu. Mama Papa mungkin sibuk dengan bisnis mereka, teman-temanmu punya masalah sendiri, kakak adikmu punya tugas lain yang harus dikerjakan, para asisten dan pegawai di rumahmu dibayar bukan hanya melayani kepentinganmu, tapi kepentingan semua orang di rumahmu.

Mungkin kamu punya banyak rencana, kesibukan, impian atau persoalanmu sendiri di sepanjang tahun yang akan datang ini, tapi yuk coba berpikir di luar bingkai. Mari coba belajar untuk melakukan sesuatu bukan seperti yang biasa kamu lakukan. Jika selama ini fokusmu hanya pada hidupmu, kenapa sekarang tidak mencoba untuk melihat sesuatu yang lebih besar dari dirimu sendiri? Mungkin ini saat yang tepat untuk memikirkan tentang Tuhan lebih serius.

Menurut kamu, siapakah Tuhan itu?

Penyedia setiap kebutuhanmu?


Satpam yang bertugas menjaga kamu, rumahmu dan segala hartamu?


Dewa yang memandang dari kejauhan?

Cara pandangmu terhadap Tuhan akan menentukan sikapmu kepadaNya. Ketiga hal di atas mungkin identik dengan Tuhan dalam pikiranmu, tapi satu yang kerap kita lupakan, yaitu Dia adalah Penguasa Alam Semesta, termasuk setiap detil hidup kita. Dia merencanakannya dengan sangat teliti dan penuh tujuan. Tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Apapun yang terjadi, semua ada dalam rencanaNya. Dipikirkan, diperhitungkan, dan disempurnakan selalu.

Yang beda hanya cara pandang kita. Ketika menghadapi sesuatu yang berat, kita belum mengerti tujuan Tuhan hingga kita hanya bisa menilainya sebagai ' sesuatu yang buruk'. Padahal, selalu ada hikmah yang besar di balik setiap peristiwa buruk yang kita alami bersama dengan Tuhan.

Jika lain kali kamu menghadapi sesuatu dan merasa bingung, coba tanyakan pada Tuhan 'Apa yang Kau kehendaki untuk kulakukan pada saat ini?'. Dia adalah Tuhan, jadi Dia tahu segala yang terbaik. Kamu, orang tuamu, sohibmu, Oprah Show atau buku-buku self help mungkin mengetahui semua pelajaran tentang kehidupan yang baik, tapi itu tidak cukup. Tuhan mengetahui setiap hal yang akan terjadi, bahkan sejak sebelum dunia dijadikan. Dan segala hari-hari yang akan datang dalam hidupmu tertulis dalam kitabNya.

Mengawali tahun 2009 ini, membina hubungan lebih dalam dengan Tuhan mungkin bisa jadi alternatif Resolusi Tahun Baru yang tepat. Toh janjiNya 'Barangsiapa yang percaya kepada Tuhan, tidak akan dipermalukan..'.

Jika bisa mendapatkan yang terbaik dari Tuhan, kenapa puas dengan yang baik dari manusia?

Selamat Tahun Baru..


No comments: