Saturday, March 1, 2008

Diubahkan Lewat Persoalan

Jika Anda sedang menghadapi masalah, ingatlah beberapa hal di bawah ini:

  • Allah memiliki tujuan di balik segala masalah. 'Jangan bingung atau heran apabila kelak kita mengalami cobaan yang hebat, sebab itu bukanlah sesuatu yang luar biasa', kata Rasul Yakobus.
  • Masalah membawa kita lebih dekat dengan Tuhan. Pengalaman kita paling dekat dengan Tuhan seringkali adalah pada masa paling gelap dalam hidup kita. Patah hati, ditinggalkan, dikhianati, dsb. Kita takkan pernah mengetahui bahwa Allah adalah satu-satunya yang butuhkan sebelum Ia menjadi satu-satunya yang kita miliki.
  • Tidak ada masalah yang terjadi tanpa sepengetahuan Allah. Setiap hari dalam hidup kita sudah tertulis dalam bukuNya jauh sebelum kita dilahirkan. Kehidupan kita bukanlah hasil dari peluang secara acak, nasib atau keberuntungan. Ada sebuah rencana induk! Mungkin kita pernah membuat kesalahan, tapi Allah tidak. Jika bahan-bahan pembuat kue kita masukkan sendiri sendiri mungkin rasanya tak enak: tepung terigu, ragi, telur mentah dsb. Tapi jika kita campur dan panggang, kamu bisa tebak deh rasanya!
  • Di balik persoalan itu, ada Allah yang bekerja untuk mendatangkan kebaikan. Dan Dia ahli mendatangkan kebaikan, bahkan dalam keadaan paling buruk dan jahat sekalipun! Jika kita dibentuk dengan palu dan penderitaan agar menjadi permata, maka inilah terorinya: Jika palu tak bisa merontokkan bagian pinggir kita yang kasar, Dia akan menggunakan palu godam. Jika masih juga tak berhasil, Dia akan gunakan palu pelobang beton. Allah akan memakai apapun yang diperlukan!
  • Setiap masalah adalah kesempatan untuk membangun karakter. Semakin sulit masalahnya, semakin besar juga potensi untuk membangun otot-otot rohani dan serat moral. Jika Allah mengijinkan penderitaan dan salib dialami AnakNya, kenapa kita harus dibebaskan dari hal itu? Pembentukan karakter merupakan proses yang lambat. Ke manapun kita berusaha melarikan diri atau menghindar dari proses itu, kita menunda pertumbuhan kita dan bisa-bisa berakhir dengan penderitaan yang lebih buruk..


Apapun yang terjadi, percayalah, ada tangan Allah dalam lingkaran kehidupan yang acak, membingungkan dan sepertinya tanpa arti.

Jika Anda sedang menghadapi masalah, jangan tanya lagi 'Mengapa aku?', tapi 'Apa yang Kau ingin aku pelajari?'

Jangan menyerah dalam persoalan. Bertumbuhlah!

No comments: