Friday, March 11, 2016

Misteri Illahi: Mengapa Hal Buruk Ini Terjadi Dalam Hidupku?

Suatu hari dalam hidup, kamu pasti pernah mempertanyakan hal-hal yang terjadi di luar keinginanmu.
"Mengapa ini harus terjadi?"
"Mengapa Tuhan ijinkan aku mengalami semua ini?"
"Mengapa aku yang harus melaluinya?"
"Apa salahku hingga aku harus mengalami hal ini?"
"Mengapa cobaan ini begitu berat?"

Sob, jika ini terjadi pada dirimu, sadarilah bahwa kamu tidak sendiri. Semua orang di dunia ini pernah mengalaminya. Termasuk saya. Ketika sesuatu yang buruk terjadi dalam hidup saya, tak henti-hentinya saya bertanya dan menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi dalam hidup saya dan mencoba mencari pembenaran atas diri saya. Namun Tuhan diam. Tak ada jawaban, tak ada tanda dari langit, apalagi tepukan hangat di bahu. Hingga saya menyadari benarlah adanya bahwa hidup ini adalah misteri Illahi. Kita tak bisa memahami semua peristiwa yang terjadi. Ada saatnya kita hanya diijinkan untuk menjalaninya tanpa perlu bertanya apa-apa..

Sebuah pepatah lama berbunyi "Segala yang tersembunyi adalah milik Tuhan, tapi segala yang terbuka/ dinyatakan adalah urusan kita.."
Guys, kita tidak perlu mengerti semuanya. Kita tidak perlu memahami semuanya. Jika Tuhan tidak menyatakannya, biarlah hal itu tetap jadi misteriNya. Biarlah hanya Dia yang tahu mengapa semuanya harus terjadi. Kalau toh Dia tidak menjawab, tetap saja Dia tidak berhutang penjelasan apapun pada kita, karena kita hanyalah ciptaanNya. Bagaikan tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah Tuhan berhak melakukan apapun tanpa perlu menjelaskan maksud dan rencanaNya dalam hidup kita.

Pernah naik pesawat? Apakah kamu harus kenal pilotnya sebelum bepergian? Ataukah kamu harus kenal sang nahkoda sebelum memutuskan untuk berlayar? Tidak, bukan? Mengapa demikian? Karena kamu yakin sang pilot takkan salah arah. Sebelum menerbangkanmu, dia pasti punya jam terbang yang cukup tinggi sehingga dianggap mampu untuk menghadapi keadaan apapun di udara. Bukankah demikian Tuhan kita? Kenapa kamu harus tahu semua jawaban? Kenapa kamu harus memahami semua? Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya karena Ia yang memelihara kamu! Tuhan lebih dari seorang pilot atau nahkoda berpengalaman manapun! Bahkan samudera dan badai pun diam dalam hardikanNya..

Lakukan saja bagianmu. Semua yang dibukakan, yang sudah dinyatakan kepadamu, itulah urusanmu. Kelak, pada saatnya, kamu akan mengerti bahwa semua indah pada waktuNya. Sekarang mungkin kamu belum mengerti, tapi tidak apa. Jalani saja tanpa bertanya. Percayalah bahwa suatu saat nanti hal itu pun akan dinyatakan kepadamu..



Blessings, everyone!

No comments: